Statistika UNS Mengadakan Workshop Model Runtun Waktu

Statistika mengambil peran penting dalam banyak cabang ilmu kehidupan, seperti pengembangan inovasi di bidang industri, bidang kesehatan dan lingkungan, penyelesaian masalah transportasi, penanggulangan masalah sosial, bencana alam dan kependudukan, dan alat bantu dalam analisis keputusan. Bidang analisis keputusan antara lain ekonomi, bisnis, dan keuangan.

Peran tersebut tidak bisa optimal dilakukan oleh para statistikawan, jika tidak didukung riset yang mengembangkan statistika. Dalam riset, data berperan sangat besar. Tanpa ketersediaan data, model dan metode yang dibangun berlandaskan konsep dasar di bidang statistika tidak akan dapat diaplikasikan secara komprehensif untuk penyelesaian masalah di kehidupan. Dalam riset di bidang statistika, para statistikawan berusaha untuk mengembangkan inovasi dan konsep baru yang mendukung proses pembelajaran statistika.

Untuk maksud ini Program Studi Statistika mengundang Dr Darfiana Nur (staf /lecturer di Statistical Science, Director of the Statistical Consulting Unit (SCU-FMSL), School of Computer Science., Engineering and Mathematics, Faculty of Science and Engineering, Flinders University Australia. Dengan adanya program exchange lecturer tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengajaran, penelitian dan karya tulis dalam bidang statistika. Selanjutnya melalui kegiatan ini diharapkan juga menjadi sarana untuk meningkatkan kualitas paper staf dosen sehingga dapat dipublikasikan di jurnal internasional terindeks Scopus atau Thomson. Di samping itu, diharapkan dengan program visitasi ini akan diketahui proses belajar dan mengajar mata kuliah statistika sehingga akan menjadi benchmark bagi proses belajar dan mengajar mata kuliah statistika di Prodi Statistika Universitas Sebelas Maret. Melalui program ini, diharapkan akan terjalin kerjasama penelitian berupa riset kolaborasi internasional.

Pelaksanaan kegiatan program visiting lecturer diawali dengan melakukan komunikasi yang intensif antara dosen calon peserta kegiatan dengan dosen calon mitra (pendamping) di universitas di luar negeri. Komunikasi melalui e-mail dimulai pada bulan Juni 2016, yaitu dengan menghubungi Dr Darfiana Nur, dosen di Statistical Science, Director of the Statistical Consulting Unit (SCU-FMSL), School of Computer Science., Engineering and Mathematics, Faculty of Science and Engineering, Flinders University, sebagai calon dosen mitra. Berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak, pelaksanaan kegiatan ditetapkan pada periode 5,8,9 Desember 2016.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *