Kuliah Umum Aplikasi Statistika untuk Memperkuat Stabilitas Ekonomi dan Keuangan

Perubahan pesat yang terjadi saat ini merupakan dampak dari globalisasi yang ditandai dengan adanya revolusi dalam informasi, transportasi, dan komunikasi. Hal tersebut menuntut dilakukannya peningkatan kinerja sumber daya manusia secara berkesinambungan, agar terwujud sumber daya manusia yang profesional, kreatif dan inovatif. Oleh sebab itu disadari bahwa upaya peningkatan kinerja sumber daya manusia untuk mewujudkan sumber daya manusia berkualitas unggul merupakan syarat utama bagi tercapainya tujuan organisasi.

Dalam rangka menjawab tantangan tersebut, Prodi Statistika menyelenggarakan kuliah umum untuk meningkatkan wawasan mahasiswa dalam bidang statistika ekonomi dan keuangan seperti tercantum dalam kurikulum program studi dan dapat mempersiapkan diri dalam mengisi kebutuhan dunia industri. Selain itu, kuliah umum dapat memperluas jaringan (networking) dan dapat memberi inspirasi dan motivasi. Kuliah umum merupakan sarana untuk berbagi, melatih sikap dan mental kita dalam melakukan interaksi dengan banyak orang. Karena keberhasilan seseorang tidak hanya ditentukan oleh seberapa hebatnya seseorang mengetahui sebuah ilmu pengetahuan tetapi juga hebat dalam berinteraksi atau networking.

Kuliah umum atau tamu diselenggarakan dalam bentuk ceramah dan merupakan rangkaian proses pembelajaran yang berkaitan dengan bidang statistika. Narasumbernya adalah Dr. Wahyoe Soedarmono, Dosen di Fakultas Bisnis, Sampoerna University dan Konsultan Sektor Keuangan, World Bank. Topik kuliah umum ini adalah “Aplikasi Statistika untuk Memperkuat Stabilitas Ekonomi dan Keuangan” (materi terlampir).

Kegiatan dilaksanakan pada Hari Sabtu, tanggal 6 Agustus 2016 di Fakultas MIPA UNS, mulai pukul 09.00 sampai dengan 12.00. Kegiatan ini dihadiri oleh 7 orang dosen, 27 orang mahasiswa Prodi Statistika, dan 20 orang mahasiswa Prodi Matematika.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *