Kuliah Bersama Praktisi: Mata Kuliah Pengantar Data Mining

Dalam rangka pendalaman materi mata kuliah pengantar data mining, Program Studi Statistika UNS menyelenggarakan kuliah bersama praktisi dengan narasumber Akbar Maulana, S.Stat. yang merupakan Data Scientist pada Jabar Digital Service sekaligus alumni dari Program Studi Statistika UNS.

Pemahaman tentang data mining sangat penting terutama dalam masa revolusi industri 4.0 seperti saat ini, di mana data merupakan elemen yang sangat penting. Sasaran dari kuliah ini adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah Pengantar Data Mining.

Kuliah bersama praktisi ini diselenggarakan dalam 3 waktu terpisah. Hari pertama yaitu pada tanggal 15 April 2021 membahas tentang Supervised learning: introduction to data mining, what is data mining, role of data mining in industry, dan praktikum menggunakan python. Kuliah hari kedua pada tanggal 22 April 2021 mempelajari tentang Unsupervised learning: analisis klaster dan penerapannya di dunia industri serta komputasinya menggunakan Weka. Dan hari terakhir pada 4 Juni 2021 dipelajari mengenai Recommender system: content based and collaborative filtering, dan komputasinya menggunakan R.

Dengan kuliah praktisi ini, diharapkan dapat menambah wawasan dan keterampilan mahasiswa dalam bidang data mining, serta siap menerapkannya dalam berbagai bidang.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *