Pelatihan Analisis dan Visualisasi Data Menggunakan Excel untuk Perangkat Desa Jaten Kabupaten Karanganyar

Salah satu grup riset di Program Studi Statistika FMIPA UNS yaitu Grup Riset Statistika dan Sains Data Bidang Lingkungan dan Kesehatan, menyelengarakan pelatihan analisis dan visualisasi data menggunakan Microsoft Excel untuk perangkat Desa Jaten Kabupaten Karanganyar. Kegiatan tersebut diselenggarakan pada hari Rabu tanggal 20 Juli 2022 bertempat di Aula Kantor Balai Desa Jaten.

Kegiatan pelatihan dilaksanakan dalam rangka Pengabdian kepada Masyarakat dosen program studi Statistika FMIPA UNS yang bertajuk Pelatihan Visualisasi Data Kependudukan Desa Jaten Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar Menggunakan Excel Untuk Perangkat Desa Jaten. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengenalkan fitur-fitur lebih lanjut dari Microsoft Excel yang dapat digunakan terutama dalam menganalisis data-data kependudukan. Pelatihan ini diikuti oleh perangkat desa Jaten sebanyak14 orang. Rangkaian acara dibuka dengan sambutan dari Kepala Program Studi S1 Statistika UNS Drs. Isnandar Slamet, M.Sc., Ph.D. dan Kepala Desa Jaten Bapak Harga Satata, S.Sos., MM.

Selanjutnya merupakan acara inti dari pelatihan dengan narasumber Muhammad Bayu Nirwana, S.Si., M.Sc. yang merupakan dosen dari Program Studi Statistika UNS. Di akhir kegiatan, diberikan kuesioner untuk mengevaluasi pelaksanaan kegiatan dan kuis terkait materi pelatihan. Kegiatan ini dapat berjalan lancar dan diikuti dengan baik oleh seluruh peserta hingga akhir kegiatan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *